Rabu, 15 Desember 2010

bangga menjadi orang indonesia

MAKALAH
TENTANG BANGGA MENJADI ORANG INDONESIA
DISUSUN
O
L
E
H
AGUS SALIM
TINGKAT IB




PENGALAMAN MEMAWA SEBUAH KESADARAN


Nama saya agus salim,,umur saya 19 taun,,kejadian ini berawal saat saya mau ditembak polisi,enggak tau kenapa saya berani melawan polisi itu,padahal saya tidak punya senjata apapun,,secara nalar seh seharusnya takut,,tapi dalam jiwa saya,insyaallah tidak ada rasa takut itu kecuali dgn yg menciptakan saya.
Saya termotivasi untuk berprinsif tidak takut pada senjata jaman modern karena saya ini ingin membangkitkan jiwa Indonesia kembali(yg dulu) yg melawan pasukan hindia belanda hanya dengan memakai bambu runcing,saya bangga terhadap bangsa Indonesia,secara akal kan tidak mungkin menang melawan senjata hanya dengan bambu runcing,ini bahkan bias menang dan merdeka,jikalau saya hidup di jaman hindia belanda dulu,mungkin saya tidak akan ikut perang,soalnya saya takut,tapi kalau seandainya perang itu terjdi sekarang(dijaman modern ini),saya rela nyawa saya dikorbankan demi Indonesia,
Dijaman modern ini diharapkan kepada seluruh rakyat Indonesia untuk merasa bangga dan bahagia,bangga karena indoesia dapat memperoleh kemerdekaan hanya bermodalkan bambu runcing dan bahagia karena kita diberi kemerdekaan tanpa berjuang seperti mereka,coba bayangkan,ibarakan kita yang berjuang,adakah terpikir menggunakan bambu runcing untuk mengusir para komunis di Indonesia.
Disisi lain saya bangga kepada Negara Indonesia karena Negara Indonesia dapat mengikuti kemajuan zaman contohnya saja Twitter,sekarang pengguna Twitter ini malahan banyak orang Indonesia dibanding Negara-negara lain.Kita sebagai bangsa Indonesia patutlah bangga terhadap Indonesia karena walaupun Negara Indonesia ini adalah Negara kepulauan dan termasuk negara sempit di asia tetapi tetap bias maju perkembangan zamannya.
Hal-hal yang patut kita banggakan itu bukan hanya yg saya ceritakan di atas ,tetapi masih banyak alasan lagi kenapa saya jadi bangga jd orang Indonesia.
1. proses Dekrit presiden
2. proses deklarasi Bangkok
3. teror PKI
4. proses Sumpah pemuda,dll
Dekret Presiden 5 Juli 1959 adalah dekret yang dikeluarkan oleh Presiden Indonesia yang pertama, Soekarno pada 5 Juli 1959. Isi dekret ini adalah pembubaran Badan Konstituante hasil Pemilu 1955 dan penggantian undang-undang dasar dari UUD Sementara 1950 ke UUD '45.karena adanya dekrit presiden ini maka terjdi dampak-dampak ada yg positif dan ad juga yg negative.
Positif
1. Terbentuknya MPRS dan DPAS
2. persatuan dan kesatuan sebagai penetralisir konflik rakyat
3. Aktifnya dan bersatunya kekuatan militer di Indonesia
4. penetapan demokrasi terpimpin
Saya bangga karena perjuangan Indonesia untuk menjadi yang seperti ini sangatlah tidak gampang,dan kini saya hanyalah menikmati hasil perjuangan para tokoh dulu,kebanggaan saya yg lain ialah saat terror PKI.
Partai ini didirikan atas inisiatif tokoh sosialis Belanda, Henk Sneevliet pada 1914, dengan nama Indische Sociaal-Democratische Vereeniging (ISDV) (atau Persatuan Sosial Demokrat Hindia Belanda). Keanggotaan awal ISDV pada dasarnya terdiri atas 85 anggota dari dua partai sosialis Belanda, yaitu SDAP (Partai Buruh Sosial Demokratis) dan SDP (Partai Sosial Demokratis), yang aktif di Hindia Belanda.betapa susahnya bangsa Indonesia dulu memberantas PKI ini,terkenang bagaimana PKI ini membuat Indonesia seperti neraka.
Sumpah Pemuda merupakan bukti otentik bahwa pada tanggal 28 oktober 1928 Bangsa Indonesia dilahirkan, oleh karena itu seharusnya seluruh rakyat Indonesia memperingati momentum 28 oktober sebagai hari lahirnya bangsa Indonesia, proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu, kondisi ketertindasan inilah yang kemudia mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi Mengangkat Harkat dan Martabat Hidup Orang Indonesia Asli, tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun kemudian yaitu pada 17 Agustus 1945. Rumusan Sumpah Pemuda ditulis Moehammad Yamin pada sebuah kertas ketika Mr. Sunario, sebagai utusan kepanduan tengah berpidato pada sesi terakhir kongres. Sumpah tersebut awalnya dibacakan oleh Soegondo dan kemudian dijelaskan panjang-lebar oleh Yamin,Rumusan Sumpah Pemuda ditulis Moehammad Yamin pada sebuah kertas ketika Mr. Sunario, sebagai utusan kepanduan tengah berpidato pada sesi terakhir kongres. Sumpah tersebut awalnya dibacakan oleh Soegondo dan kemudian dijelaskan panjang-lebar oleh Yamin.
Selain yang 4 ini,masih banyak hal-hal yang patut kita banggakan,kalau kita semua tau sejarah,mungkin semua orang juga akan merasakan kebanggaan separti yang saya alami ini.Saya berpikir,jikalau kita hidup di jaman dulu dan kita ikut berjuang melawan komunis,dan akhirnya menang,lalu orang-orang sesudah kita hanya bisa menikmati kemerdekaan yang sudah kita raih tanpa adanya rasa sukur dan bangga terhadap perjuangan kita dulu,bagaimana perasaan kita?,
Sebagai bangsa Indonesia yang baik kita hendaklah mensyukuri dan juga mempertahankan kemerdekaan yang telah digapai dan diraih oleh pejuang-pejuang zaman dulu.Meraih kemerdekaan itu tidak segampang membalikan telapak tangan!
Setelah membaca makalah buatan saya ini,saya harapkan orang Indonesia ini menjadi orang-orang yang membanggakan akan negrinya,supaya perjuangan pahlawan kita dulu tidak sia-sia,dan berusaha bahkan perjuangkan kemerdekaan itu sampai titik darah penghabisan,di jaman modern ini Negara Indonesia sudah mulai goyah,sehingga harga diri Indonesia hamper di injak-injak oleh Negara Malaysia(CONTOHNYA).Ini saya ada imbauan untuk Pa presiden ”jangan terlalu cinta damai,sekarang Indonesia sudah makin sempit,kalau di biarkan bisa-bisa nanti Negara Indonesia akan jadi kenangan”



TERIMA KASIH








Daftar pustaka
http//www.wekepidia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar