Rabu, 15 Juni 2011

Nabi Muhammad SAW

**NABI DAN RASUL TERAKHIR yang diutus oleh Allah SWT adalah Nabi Muhammad SAW (Q.33:40). Ia dipilih menjadi Nabidan rasul pada usia 40 tahun. Ia menyampaikan riaslah kenabiankepada kaumnya selama 22 tahun 2bulan 22 hari .Muhammad dilahirkan di mekkah. Kakeknya, Abdul Muttalib,menamainya Muhammad (orang terpuji)sebuah nama yang belum pernah di gunakan dan di kenal sebelumnya. Ketika lahir, Muhammad telah menjadi anak yatim. Abdullah ,ayahnya, wafat sebelum ia lahir. Ketika ia berusia 6 tahun . Muhammad sudah menjadi anak yatim piatu . Ibunya, Aminah, binti Wahab, meninggal dunia dalam perjalan pulang dari yastrib ,setelah berziarah kekuburan suaminya. Kemudian Muhammad di asuh oleh Abdul Muttalib. Sebelum Muhammad berusia 8 tahun, kakeknya wafat. Pamannya, Abi Talib, mengambil alih tanggung jawab mengasuh Muhammad.
**Tanda kenabian:: Sejak bayi, tanda-tanda kenabian telah nampak pada diri Muhammad. Pada usia 5bulan ia sudah berjalan, dan pada usia 9 bulan sudah pandai berbicara. Pada usia 2 tahun, ia sudah bisa dilepaskan bersama anak-anak Halimah binti Abi Dua’ib, ibu susunya, untuk untuk mengembala kambing. Pada usia Inilah ia di datangi dua malaikat. Mereka membuka baju Muhammad,membelah dadanya dan menyuramkan aii kedalamnya untuk mencuci hatinya agar senantiasa bersih. Kemudian mereka menutup kembali dada Muhammad tanpa bekas ataupun luka.
**Tahun Gajah::Ada satu peristiwa yang mendahului kelahiran Nabi Muhammad SAW. Peristiwa itu menjadi pertanda bahwa Allah SWT melindungi agama yang akan dibawa Muhammad. Tahun terjadinya peristiwa itu di sebut TAHUN GAJAH, karena pada tahun itu pasukan gajah yang dipimpin oleh Abrahah, penguasa Habasyah(kini Ethiopia), menyerbu kota mekkah untuk menghancurkan ka’bah. Abrahah ingin ingin mengambil alih peranan kota Mekah dengan ka’bahnya sebagai puat perekonomian dan peribadatan bangsa arab. Sebelumnya Abrahah sudah membangun al-Qulles, sebuah rumah ibadah megah di Yaman, sebagai pengganti ka’bah.
**Buhairah:: Pada usia 12thn, Muhammad mengikuti kafilah paman nya ke Suriah. Sepanjang perjalanan digurun, ereka dinaungi awan sehingga tdk kepanasaan. Di Busra, kapilah ini bertemu dengan seorang pendeta Kristen bernama Buhairah yang menyakini bahwa Muhammad adalah calon nabi yang di tunjuk oleh Allah SWT.
**AL-AMIN::Muhammad tumbuh menjadi seorang pemuda yang jujur dan berbudi pekerti luhur. Melalui Hilful –Fudul dan kegiatannya membantu pamannya berdagang, nama Muhammad makin terkenal sebagai orang terpercaya. Karena kejujurannya ,ia mendapat gelar Al-Amin yang berarti berarti org yang terpercaya. Para pemimpin Mekkah juga pernah mempercayai Muhammad untuk menyeselesaikan perselisihan mereka, dgn memimpin peletakan Hajar Aswad saat perbaikan ka’bah saat banjir.
**HILFUL-FUDUL:: Pada usia 15 thn, saat terjadi perang fijar antara suku kuraisy dan suku Hawazin, Muhammad membantu mempersiapkan anak panah untukn paman-pamannya yang hendak berperang. Akibat perang ini, para pemimpin beberapa suku kuraisy mengadakan rapat untuk menetapkan aturan perlindungan untuk mencegah kelaliman terhadap penduduk kota maupun pendatang asing. Mereka sepakat membuat sebuah organisasi bernama Hilful- Fudul(persekutuan kebajikan). Lembaga ini bertugas membantu orng miskin dan teraniaya. Muhammad ikut dlm lembaga ini saat ia berusia 20 thn. Di lembaga ini, sifat kepemimpinannya mulai tampak.
**KHADIJAH:: Pada usia 25 thn Muhammad menikah dgn Khadijah binti Khuwalid yang berusia 40 thn. Khadijah adalah seorang pengusaha yang mempercayai Muhammad untuk menjajakan dagangannya ke Suriah. Karena kejujurannya ,Khadijah menaruh hati kepada Muhammad dan menikahinya. Pasangan Khadijah-Muhammad dikaruniai 2 putra(Qasim dan Abdullah), dan 4putri(Zainab, Rukayyah, Ummu Kalsum dan terakhir Fatimah). Khadijah adalah wanita pertama masuk islam. Ia meninggal pada usia 65 thn, setelah menikah 25 thn dgn Muhammad.
**WAHYU PERTAMA:: Menjelang usia 40 thn, Muhammad sering menyendiri dan bertakafur di gua Hira. Gua ini terletak di bukit Hira ,sekitar 6 km di sebelah timur laut kota Mekah. Tingginya sekitar 155cmdan memuat 4 org. di gua ini Muhammad beribadah sepanjang Ramadhan . di gua ini pula Muhammad mendapat wahyu pertamanya pada tgl 17 Ramadhan 12SH/ 6 Agustus 610 M. Malaikat Jibril menemui dan menyuruhnya membaca wahyu Allah (Q..96:1-5).
**DAKWAH:: Ada dua tahap dakwah yang diterapkan /dilakukan oleh nabi Muhammad SAW. Pertama, dakwah diam –diam selama 3 thn. Keluarga dan sahabat nabi yang masuk islam pada tahap ini antara lain Khadijah, Abu Bakar as-Siddiq, dan Ali bin Abi Thalib. Kedua dakwah secara terang-terangan, yg dilakukan Nabi setelah turun perinta Allah (Q.15:94). Dakwah ini berlangsung hingga Nabi Wafat. Banyak sahabat Nabi yg memeluk islam pada masa ini, antara lain Umar bin Khattab dan Usman bin Affan.
**AKSI MENENTANG DAKWAH:: Kaum musyrik kuraisy tak mampu menghentikan dakwah Muhammad. Berbagai cara mereka lakukan, tapi hasilnya tetap nihil. Mereka lalu mengutus 10 org untuk menemui Abi Talib dan meminta agar ia mau membujuk keponakannya berhenti berdakwah. Namun Muhammad menolak permintaan tersebut. Melihat keteguhan hati Muhammad, Abi Talib akhirnya mendukung keputusan keponakannya itu dan berjanji untuk selalu melindunginya dari ancaman org kuraisy.
**TAHUN DUKA CITA:: Muhammad benar-bnar sedih ketika Abi Talib yg menjadi pelindung utamanya wafat pada bulan Ramadhan 2 SH, dalam usia 87 thn. Belum hilang kesedihannya, istrinya, Khadijah yg ia cintai dan selalu mendampinginya dal;am perjuangannya, juga meninggaldunia. Muhammad sangat sedih dgn wafatnya kedua org yg menjadi pembela risalahnya itu. Karena itu, tahun ke-10 kenabian ini di sebut ‘Am al-Huzn (thn duka cita).
**TA’IF:: Gangguan kaum kuraisy terhadap Nabi semakin mrnjadi-jadi setelah paman dan istrinya wafat. Pada Syawal tahun ke-10 kenabian, Muhammad pergi ke luar kota Mekkah menuju Ta’if (65 km sebelah tenggara Mekkah ) bersama anak angkatnya, Zaid bin Harisah, untuk menyebarkan dakwah, selama sepuluh hari, Nabi SAW menemui para pemuka Bani Saqif. Namun kehadiran Nabi di sana di tolak oleh mereka.
**IKRAR AQABAH:: Suatu saat Nabi bertemu dengan enam org suku Aus dan Khazraj dari Yastrib. Nabi menggunakan kesempatan ini untuk memperkenalkan agama islam. Mereka pun lalu menyatakan masuk islam di hadapan Nabi. Setelah pulang ke Yastrib, mereka memberitahukan hal tersebut kepada penduduk yg lain. Pada musim haji berikutnya, datanglah delegasi suku Aus dan Khazraj menemui Nabi di Aqabah. Mereka pun menyatakan ikrar kesetiyaan kepada Nabi, yg kemudian kemudian di kenal sebagi ikrar Aqabah. Mereka juga meminta kepada Nabi agar Nabi bersedia pindah ke Yastrib untuk menghindari gangguan org kuraisy. Mereka berjanji akan membela Nabi dari segala ancaman.
**HIJRAH KE MADINAH:: Dua belas thn sdh Nabi berdakwah, tapi kaum kuraisy tetap belum mau menerima risalah kenaiannya. Maka Nab hijrah ke Yastrib. Setelah Nabi hijrah, kota Yastrib kemudian dikenal sebagai Madinah an- Nabi(kota Nabi) atau Madinah al- Munawwaraqh(kota yg bercahaya ).
**RENCANA MEMBUNUH NABI:: Sebelum hijrah ke Madinah (Yastrib), kaum kuraisy berencana membunuh Nabi. Tapi rencana itu ketahuan sebelum terlaksana. Ketika mereka mengepung rumah Nabi, mereka hanya menemukan Ali bin Abi Talib di tempat tidur Nabi, sementara nabi dan Abu Bakat sudah pergi. Ketika kaum kuraisy mengejar, Nabi dan Abu Bakar bersembunyi di Gua Sur. Setelah aman barulah mereka melanjutkan perjalanan ke Yastrib.
*MASJID QUBA::Sebelum sampai ke Madinah, Nabi dan Abu Bakar singgah di Quba, sebuah desa yg jaraknya 10km dari Madinah. Nabi tinggal di sana selama beberapa hari, sambil menunggu kedatangan Ali bin Abi Talib dari Mekah. Di desa ini, Nabi membangun Masjid Quba. Inilah masjid pertama yg di bangun oleh Nabi SAW sebagai pusat peribadatan. Peritiwa ini terjadi pada tahun ke-12 kenabian Muhammad.
**ISRA MIKRAJ:: Pada tahun ke-10 kenabian, terjadi peristiwa Isra Mikraj. Allah SWT memperjalankan Nabi SAW pada malam hari(isra) dari Masjidilharam di Mekkah ke masjidilaksa di yerusalem, kemudian membawa naik (mikraj) ke langit agar bias menyaksikan kekuasaan Allah SWT (Q.17:1). Dalam kesempatan mikraj itulah Nabi menerima perintah dari Allah SWT berupa kewajiban menjalankan shalat 5 waktu.
**PIAGAM MADINAH:: Di Madinah, Nabi memimpin penataan dan peletakan dasar-dasar kehidupan bagi kaum muslim dan penduduk Madinah dalam beberapa langkah. Pertama, mempereret tali ukhuwah Islamiah (persaudaraan islam) antara kaum Muhajirin dan Ansar yg sudah masuk islam. Kedua, membangun Masjid Nabawi, sebagai tempat untuk mewujudkan rasa persaudaraan itu. Ketiga, mengikat tali persaudaraan dgn komunitas lain yang tdk beragama islam, yaitu kaum Yahudi, Nasrani, dan Majusi.. ikatan hubungan itu terwujud dalam perjanjian yg di sebut dengan Misaq Madinah (piagam Madinah). Dengan dasar-dasar itu, masyarakat Madinah bisa disebut sebagai sebuah Negara,dengan Nabi Muhammad sebagai kepala Negara.
**IZIN PERANG:: Kendati Nabi dan pengikutnya sudah hijrah ke Madinah, orang kuraisy terus mengganggu mereka. Sementara itu kaum Yahudi di Madinah iri melihat kondisi militer,politik, dan ekonomi kaum muslim semakin baik. Mereka lantas bersekongkol dengan kaum kuraisy untuk melumpuhkan kaum muslim. Karena kaum muslim semakin terancam, Allah mengizinkan mereka berperang (Q.22:39-41). Setelah mendapat izin Allah SWT, nabi dan kaum muslim lalu memerangi org kuraisy dan Yahudi. Ada beberapa peperangan yg dipimpin oleh Nabi, misalnya perang Bard, perang Khandaq( parit ), dan Fath Makkah..
**PERJANJIAB HUDAIBIYAH:: Pada thn ke-6 hijrah, Nabi bermimpi memasuki kota mekkah dan bertawaf (menggililingi ka’bah). Mimpi itu disampaikan kepeda sahabat . saat itu pula, Nabi mengumumkan kepada kaum muslim untuk menunaikan ibadah haji di Mekkah. Namun kaum musyrik kuraisy menghalang-halanggi mereka. Kaum kuraisy kemudian mengutus Suhayl bin Amr untuk bertemu dengan Nabi dan membuat janji perdamaian. Nabi dan Suhayl menyepakati syarat-syarat perdamaiab itu. Kalimat perjanjian di tulis ol;eh Ali bin Abi Thalib, atas perintah Nabi. Perjanjian tersebut dikenal dengan nama perjanjoan Hubaidiah.
**ISI PERJANJIAN HUDAIBIAH:: Kaum muslim dan kaum kuraisy mengadakan gencatan senjata selama 10thn. Jika ada kaum kuraisy yang menyeberang ke pihak nabi tanpa seizing walinya, ia harus di kembalikan kepada mereka, tapi jika pengikut Muhammad menyeberang ke pihak Musrik kuraisy, ia tidak akan dikembalikan kepada Muhammad. Kabilah- kabilah Arab bebas bersekutu dengan Muhammad maupun dengan org Kuraisy. Pada thn tersebut (6H), nabi dan rombongan harus kembali ke Madinah dan tidak boleh masuk ke Mekkah. Mereka juga harus menunda ibadah haji hingga thn berikutnya, dengan syarat tidak akan tinggal di Mekkah lebih dari 3 hr dan tidak membawa senjata selain pedang di dalam sarungnya.
**PENYEBARAN ISLAM::Perjanjian Hudaibiyah menciptakan suasana yang tenang dan aman. Enam bulan setelah perjanjian itu, nabi berdakwah kepada para penguasa di sekitar Arab, dengan cara mengirimkan surat, antara lain kepada penguasa Iran, Mesir, Abessinia, Persia dan Romawi (Bizantium). Surat nabi seluruhnya berjumlah sekitar 105 buah. Namun tdk semua teks surat itu disalin lengkap. Surat itu berisi seruan untuk masuk islam. Setiap surat dicap dengan stempel dari perak yg diukir dengan tiga baris kata: Muhammad, Rasul, Allah.
**UMRAH AL-QADA:: Setelah perjanjian Hubaidiah ditanda tanganni, Nabi dan kaum muslim dapat memasuki kota mekkah untuk beribadah haji di ka’bah. Kaum musyrik kuraisy membiarkan mereka tinggal di mekkah selama 3hari. Kesempatan ini digunakan oleh Nabi dan kaum muslim untuk menunaikan umrah, yang di sebut ‘UMRAH al-Qada’,pengganti umrah yang tidak terlaksanakan pada tahun sebelumnya karena dilaran oleh kaum musyrik kuraisy.
**FART MAKKAH:: Suatu saat kaum kuraisy melanggar perjanjian Hubaidiah dengan membantu sekutu mereka menyerang sekutu kaum muslim. Mengetahui hal itu, Nabi segera menyiapkan sepuluh ribu pasukan muslim untuk berangkat ke Mekkah. Pasukan muslim memasuki kota Mekah tanpa perlawanan dari kaum kuraisy. Peristiwa itu disebut ‘FATH MAKKAH’ (pembebasan mekah). Di Mekah, Nabi menghancurkan berhala-berhala disekeliling ka’bah. Setelah itu nabi menyuruh Bilal menyerukan azan dari ats ka’bah. Kemudian mereka mendirikan salat berjemaah dengan di pimpin oleh Rasullullah SAW.
**HAJI WADA’:: Pada tahun ke-10 hijrah, Nabi menunaikan ibadah haji. Beliau berangkat ke Mekkah pada 28 Zulkaidah, setelah menunjuk Abu Dujanah sebagai wakilnya di Madinah. Pada 4 Zulhijah, Nabi tiba di Mekah, dan langsung masuk ke MasjidilHaram melalui pintu Bani Syaibah, serta melakukan tawaf dan sai. Pada 8 Zulhijsah, Nabi berangkat ke Mina dan tinggal disana hingga terbit fajar. Pada pagi hari 9 Zulhijah, Nabi berangkat ke Arafah dengan di ikuti oleh sekitar 100.000 jemaah. Pada ibadah haji wada’ (wadak) ini turun firman Allah SWT (Q.5:3) yg menandakan bahwa Allah SWT telah menyempurnakan agama islam kepada umat-nya dan telah mencukupkan nikmat-nya. Perjalanan haji ini kemudain di sebut haji wadak (haji perpisahan), karena beberapa bulan setelah ibadah haji itu, Nabi wafat.
**WAFAT:: Dua bulan setelah menunaikan ibadah haji wadak, Nabi menderita demam. Badannya mulai lemah. Meskipun demikian ia tetap memimpin salat berjamaah. Namun setelah meras sngat lemah, ia menunjuk Abu Bakar menjadi penggantinya sebagai imam salat. Setelah beberapa hari sakit, Nabi di panggil ke haribaan Allah SWT pada tanggal 12 Rabiulawal 11H atau 8Juni 632 M. nabi wafat dalam usia 63 thn. Abu Bakar as-Sidiq kemudian ditunjuk oleh kaum Muhajirin dan Ansar sebagai Khalifah ar-Rasul
(pengganti Rasul).
**UMMUL MUKMININ:: Setelah Khadijah wafat, Muhammad menikah lagi sepuluh kali. Ke sebelas Nabi di sebut “Ummul Mukminin” (ibu orang** beriman). Nabi menikahi para wanita tersebut karena beberapa alasan, antara lain untuk melindungi dari tekanan kaum musyrik, membebaskannya dari status tawanan perang, mengangkat derajatnya, dan menciptakan perdamaian dengan suku dari wanita yg dinikahi oleh Nabi.
**RIWAYAT MUHAMMAD:: Kisah Muhammad sangat banyak disebut didalam al-quran. Nama Muhammad disebut empat kali dan dijadikan salah satu nama surat ke-47, yang diambil dari perkataan Muhammad pada ayat kedua. Adapun nama Ahmad disebut sekali. Riwayat Muhammad diketahui melalui penuturan para sahabat dan ditulis oleh banyak ahli dari berbagai disip;in ilmu.oleh Michel H. Hart, penulis buku “seratus tokoh yang paling berpengaruh dalam sejarah”, Muhammad ditempatkan pada urutan pertama orang yang berpengaruh dalam sejarah manusia.
** MUKJIZAT::
Nabi Muhammad dikaruniai sekitar 50 mukjizat. Dari sekian banyak mukjizat itu, al-quran merupakan mikkjizat nabi yang paling besar pengaruhnya bagi islam dan dijadikan pegangan hidup bagi setiap muslim. Tidak ada yang dapat menyamai isi al-quran hingga kini (quran.11:13). Mukjizat –mukjizat nabi yang lain, misalnya:
• Nabi mengetahui isi hati lawan
• Tubuhnya menebar bau harum
• Bumi patuh atas perintahnya
• Nabi bias mengeluarkan susu dari kambing yang kurus


Nabi Muhammad SAW
570 lahir di Mekkah pada tanggal 12 Rabiul Awal tahun gajah atau tanggal 20
April.
595 Menikah dengan Khadijah binti Khuwailid.
610 Mendapat wahwa pertama
617 Tahun duka cita
619 Berdakwah ke ta’if
621 Isra Mi’raj
622 Hijrah ke Madinah
624 Perang Bard
625 Perang Uhud
626 Perang Khandaq
628 Perjanjian Hubaidiah
629 Menunai kan ‘Umrah al-Qada'
630 pembebasan kota mekkah oleh kaum muslim
631 Tahun perutusan (Am al-Bi’sah).
632 Haji wada’. Nabi wafat pada tanggal 12 Rabiulawal 11 H /tgl 8 Juni.



UMMUl MUKMININ
1.Khadijah binti Khuwailid
2.Saudah binti zam’ah
3.Aisyah binti Abu Bakar As-Sidiq
4.Zainab binti Huzaimah
5.Juwairiah binti Haris
6.Sofiyah binti Hay
7.Hindun binti Abi Umaiyah
8.Ramlah binti Abu Sufyan
9.Hafsah binti Umar bin Khattab
10.Zainab binti Jahsyi
11.Maimunah binti Haris

Tidak ada komentar:

Posting Komentar